Selasa, 27 Oktober 2015

PENTINGNYA ILMU KIMIA UNTUK PROGRAM STUDI TEKNIK MESIN

Assamualiakum 
   
           Hay semua!! nama saya Febri Yulhendri ya lebih akrabnya nya panggil Febri aja sih. hehehehe.
Nah, ini merupakan postingan pertama saya saat kuliah. Jadi jika anda menemukan kesalahan pada artikel ini mohon untuk memberikan kritik dan saran nya ya :).. Oke kita mulai yuk!

          Diposting pertama ini. Saya akan membicarakan tentang pentingnya ilmu kimia dalam bidang teknik mesin. Sebelumnya anda sudah pada tau belum apa itu teknik mesin? Teknik mesin adalah cabang ilmu yang mengenai aplikasi dari prinsip fisika untuk analisis, desain, manufaktur dan pemeliharaan sebuah sistem mekanik. Dalam pengaplikasiannya teknik mesin sangat bersahabat erat dengan Ilmu kimia. Kenapa sangat erat? yuk sama-sama kita bahas apa itu ilmu kimia!

         1.  KIMIA TEKNIK 

      Kimia Teknik adalah cadang dari teknik yang mengaplikasikan sains fisika (seperti kimia dan fisika) dan sains kehidupan (seperti biologi , microbiologi , dan biokimia) bersama-sama dengan matematika dan ekonomi menghasilkan , mengubah , mengangkut , dan menggunakan bahan kimia , maetrial , dan energi yang baik .  Konsep Teknik Mesin Teknik Kimia terlibatkan penerapan beberapa prinsip:


1. Rekayasa reaksi kimia Teknik Kimia melibatkan proses dan kondisi pengelola pabrik untuk memastikan operasi pabrik yang optimis . insiyur reaksi kimia membangun model untuk analisi dan desain rektor menggunakan data laboratorium dan parameter fisik , seperti termodinamika kimia untuk memecahkan masalah dan memprediksi kinerja rektor . 


2. Desain Rancangan Bangu Desain teknik kimia menyangkut perbuatan rencana , spesifikasi , dan analisa ekonomi untuk percontohkan rancang bangun , rancang bangun baru atau modifikasi rancang bangun . insiyur desain (desaign engeenirs) sering sering bekerja peran kosultasi dan merancang bangun untuk memenuhi kebutuhan klaein . desain dibatasi oleh sejumlah faktor , termasuk peradana , peraturan pemerintah dan standar keselamatan . kendala ini mempengaruhi pilihan proses , bahan dan pelatannya .


          2.  ILMU KIMIA


      Kimia adalah ilmu yang mempelajari tentang materi dan sifat-sifatnya . kimia atau sering dengan ilmu kimia merupakan salah satu cabang dari sains fisik . materi didefisikan sebagai segala sesuatu yang mempunyai massa menepati ruang . walaupun definisi ini dapat diterima , namun tidak memberikan alasan mengapa kimia harus dipelajari . kimia kadang-kadang disebut dengan sebagai pusat sains . 

         Jenis-jenis Kimia: 


    1. Unsur :


Jika besi dibuat serbuk, serbuk besi adalah besi juga namun ukurannya sangat kecil dan sudah tidak dapat dibagi lagi. Ada 109 unsur. Unsur bisa logam (metal) atau non-logam (metaloid).Unsur logam : Argentum (Ag), Aluminium (Al), Chromium (Cr), Calcium (Ca), Magnesium (Mg), Hydrargyrum (Hg), Cuprum (Cu), Plumbum (Pb), Ferrum (Fe), Aurumj (Au), Natrium/Sodium (Na), Platinum (Pt), Zincum (Zn) dll.Unsur non-logam : hidrogen (H), oxygen (O), karbon (C), nitrogen (N), flourin (F), Chlorine (Cl), bromin (Br), iodin (I), Abelerang (S), Phosphorus, (P) arsen (As) dan silikon (Si).


    2. Senyawa:


Senyawa adalah zat yang terbentuk dari dua atau lebih unsur melalui proses kimia. Setiap senyawa mempunyai sifat yang khas, yang berbeda dari unsur-unsur pembentuknya. Contoh : hydrogen (H) dan oxygen (O) adalah gas, tetapi gabungan keduanya adalah air (H2O).


    3. Campuran:


Campuran adalah gabungan beberapa zat yang berbeda dan setiap zat itu masih mempunyai sifat jati dirinya. Misalnya es krim, sirop, pasir pantai, garam kotor dll. Ada berbagai cara pemisahan zat dari campuran tersebut yaitu melalui penguapan, penyaringan, pengembunan, pelarutan, penyubliman, distilasi, pembekuan, kristalisasi dan kromatografi.Cara mengukur jumlah zat dalam campuran adalah dengan prosentase (%). Baik untuk massa atau volume zat.


    4. Atom:


Bagian yang terkecil dari unsur adalah Atom. Atom dari unsur yang sama adalah identik baik ukuran, sifat dan massanya. Jika atom bergabung dengan atom yang lain, akan terbentuk Molekul. Molekul bisa terbentuk dari gabungan atom yang sama (misalnya H2, O2, N2 dll.) atau atom yang berbeda (H2O, H2SO4 dll). Misal 2 atom hydrogen (H) bergabung dangan 1 atom oxygen (O) membentuk molekul air (H2O).


    5. Ion:


Ion adalah partikel penyusun zat. Ion adalah atom atau kelompok atom yg mermuatan listrik. Senyawa ion terdiri dari ion positif (disebut kation) (misal H+, Na+ dll) dan ion negatif (disebut anion) misal OH-, Cl- dll. Kedua ion bergabung membentuk senyawa ion atau kristal ion.

          3.  TEKNIK MESIN DAN TEKNIK MEKANIK


      Teknik mesin atau Teknik mekanik adalah ilmu teknik mengenai aplikasi dari prinsip fisika untuk analisis, desain, manufaktur dan pemeliharakan sebuah mekanik . ilmu ini membutuhkan pengertian mendalam , termodinamika dan energi. ahli atau pakar dari teknik mesin. teknik mesin biasanya terdiri dari:


       1. Perancangan Mekanik dan Konstruksi

       2. Proses Manufaktur dan Sistem Produksi
       3. Konveksi energi
       4. Ilmu Bahasa / Metalurgi

Di buat Oleh:
Nama  :Febri Yulhendri
Jurusa :S1 Teknik Mesin

unidha.ac.id/teknikmesin/pmb.html
             Universitas Dhrama Andalas
              www.unidha .ac.id

              


Tidak ada komentar:

Posting Komentar